Tugas ESD

Education for Sustainable Development


- Pengertian -
Sustainability education (ES), Education for Sustainability (EfS), dan Education for Sustainable Development (ESD) adalah istilah yang dapat menggambarkan praktek mengajar untuk keberlanjutan. ESD adalah menggunakan istilah tingkat internasional  dan oleh PBB . Agenda 21 adalah dokumen internasional pertama yang mengidentifikasi pendidikan sebagai alat penting untuk mencapai pembangunan berkelanjutan dan daerah menyoroti tindakan bagi pendidikan.
- Latar Belakang -

Dasar telah diletakkan untuk seluruh dunia pendidikan yang berkesinambungan.Perubahan baru dalam layanan pembelajaran, fokus pada kemahiran dan keterampilan, standar yang mendukung pemikiran interdisipliner, dan peran sistemberpikir  semua memiliki fungsi untuk meningkatkan visibilitas gerakanBerbagai pendekatan untuk ESD mendorong orang untuk memahami kompleksitas dan sinergi antara,isu-isu yang mengancam keberlanjutan planet dan memahami dan menilai diri mereka sendiri dan orang-orang dari masyarakat di mana mereka tinggal dalam konteks keberlanjutan. ESD berusaha untuk melibatkan orang dalam negosiasi masa depan yang berkelanjutan, membuat keputusan dan bertindak berpusat pada mereka.Meskipun umumnya mereka sepakat bahwa pendidikan harus disesuaikan keberlanjutan bagi pelajar individu, menurut Tilbury dan Wortman, keterampilan berikut ini penting untuk ESD :
- Membayangkan - mampu membayangkan masa depan yang lebih baik. Premis ini menunjukkan bahwa jika kita tahu ke mana kita ingin pergi, kita akan lebih mampu bekerja keluar dan bagaimana menuju ke sana.
- Kritis dalam pemikiran dan refleksi - belajar untuk mempertanyakan sistem kami saat ini kepercayaan dan untuk mengenali asumsi-asumsi yang mendasari pengetahuan kita,perspektif dan pendapat. Keterampilan berpikir kritis membantu orang belajar untukmeneliti ekonomi, lingkungan, struktur sosial dan budaya dalam konteks pembangunan berkelanjutan.
- Berpikir sistemik - mengakui kompleksitas dan mencari hubungan dan sinergi ketika mencoba untuk mencari solusi untuk masalah.
- Membangun kemitraan - mempromosikan dialog dan negosiasi, belajar untuk bekerja sama.
- Partisipasi dalam pengambilan keputusan - orang memberdayakan.
 Green Education Foundation (GEF) mempromosikan pendidikan keberlanjutan dengan kurikulum K-12. Pekan Nasional GEF Hijau mendorong siswa untuk menjadi penjaga lingkungan dalam konteks kehidupan mereka sendiri .GEF menawarkan Tantangan Green Energy, Tantangan Green Thumb dan Program Green Building sebagai bagian dari upaya pendidikan keberlanjutan.
- Dekade PBB  Education for Sustainable Development (DESD) -


Dalam pentingnya pengakuan  ESD, PBB Majelis Umum menyatakan Dekade PBB 2005-2014 adalah Pendidikan untuk Education for Sustainable Development (DESD). 
UNESCO memimpin Dekade dan telah mengembangkan Skema Implementasi Internasional untuk Dekade. Tujuan dari dekade ini adalah untuk memberikan kesempatan untuk memperbaiki dan mempromosikan visi, dan transisi ke pembangunan berkelanjutan- melalui semua bentuk pendidikan, kesadaran masyarakat dan pelatihan, dan memberikan profil agarditingkatkan untuk peran penting dari pendidikan dan pembelajaran dalam pembangunan berkelanjutan.
Tujuan DESD adalah untuk:
- Memfasilitasi hubungan jaringan, pertukaran dan interaksi di antara pemangku kepentingan dalam ESD;
- Mendorong peningkatan kualitas belajar dan mengajar di PPB;
- Membantu negara-negara membuat kemajuan dan mencapai Tujuan Pembangunan Milenium melalui upaya ESD menyediakan negara-negara dengan peluang baru untuk menggabungkan PPBkedalam upaya-upaya reformasi pendidikan.

- Kemitraan US untuk Education for Sustainable Development -

Kemitraan AS untuk Education for Sustainable Development (USPESD) terdiri dari individu, organisasi dan institusi di Amerika Serikat yang didedikasikan untuk education for sustainable development (ESD). Lemaga ini bertindak sebagai penyelenggara, katalis, dan komunikator yang bekerja di semua sektor masyarakat Amerika.
Kemitraan AS lahir pada November 2003 pada pertemuan "Ruang Terbuka" yang diselenggarakan di Washington DC yang termasuk hampir 100 peserta dari beragam sektor termasuk K-12 dan pendidikan tinggi, organisasi ilmu pengetahuan dan penelitian, konservasi dan lingkungan LSM, komunitas iman , institusi hidup, organisasi pemuda advokasi, lembaga pemerintah dan lain-lain. Diselenggarakan oleh Dewan Nasional Sains dan Pemimpin Lingkungan dan University untuk Masa Depan yang Berkelanjutan, kelompok-kelompok tersebut bertemu untuk merespon panggilan dengan Majelis Umum PBB untuk Dekade Education for Sustainable Development (2005 melalui 2014) dan untuk mempertimbangkan secara khusus :
- Bagaimana Dekade bisa dimanfaatkan untuk memajukan education for sustainable development (ESD) di Amerika Serikat;
- Apa peluang untuk kolaborasi di dalam dan di sektor, dan
- Bagaimana mungkin keterlibatan luas dalam Dasawarsa oleh organisasi-organisasi AS difasilitasi.
Sebuah retret perencanaan yang strategis selanjutnya dilakukan di kampus Gettysburg College di Pennsylvania untuk memberi bentuk pada Kemitraan yang muncul. Diselenggarakan oleh Pusat Internasional untuk membahas tentang Hasil Kepemimpinan yang dan difasilitasi oleh Jazz Group, peserta disepakati Visi Kemitraan - "pembangunan berkelanjutan diintegrasikan ke dalam pendidikan dan pembelajaran di Amerika Serikat," dan Misi - untuk "memanfaatkan Dekade PBB untuk mendorong pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan di Amerika Serikat ". Mereka juga disebut sebagai struktur operasi untuk Kemitraan, termasuk Tim Aksi (Pemasaran, Outreach, Pendanaan, TIK, Pemuda dll) dan Tim Sektor, (K-12, Pendidikan Tinggi, Komunitas Iman, Bisnis, dan Masyarakat.) Yang bertindak sebagai relawan kepemimpinan akan terdiri dari Tim Eksekutif. Sebuah "Steward Interim" akan memberikan fasilitasi yang berkelanjutan dan kepemimpinan.Peserta memutuskan bahwa Kemitraan tidak akan mendesain atau mengimplementasikan program-program sendiri. Sebaliknya, itu akan berfungsi sebagai clearing house - membantu menghubungkan, menyorot, dan mendorong kolaborasi antara mitra - dan melayani sebagai katalis untuk mengadakan pertemuan anatr kelompok-kelompok dan membangun masyarakat untuk mendukung inisiatif yang ada .Kemitraan mendukung visi dan misi melalui panggilan konferensi periodik, orang yang ada di pertemuan dan acara, dan website-nya. Aksi dan Sektor Tim tetap mtnjadi komponen operasional kunci dari Kemitraan, melaksanakan berbagai kegiatan dalam mendukung misi dan visi. Tim Aksi bertanggung jawab untuk merencanakan dan melaksanakan kegiatan bersama yang mendukung kemitraan seluruh (Pendanaan misalnya, TIK, Pemasaran). Tim Sektor fokus pada kebutuhan sektor mereka sendiri (misalnya Tinggi Ed., K-12, Komunitas Iman). Tim telah mengumpulkan alat Sektor ESD dan sumber daya dan bekerja sama untuk memajukan ESD melalui inisiatif yang diadakan "bekerjasama dengan Kemitraan AS". Dekade dan Kemitraan AS memberikan konteks internasional dan nasional untuk upaya-upaya tersebut, membantu untuk mempromosikan dan memperkuat pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan di Amerika Serikat.

- Bahan Presentations (Power Point) nya -